"ISI PIRINGKU"

Apa itu Isi Piringku?


Isi Piringku merupakan suatu metode panduan makan sehat yang dikenalkan oleh Kementerian Kesehatan yang dapat menjadi acuan sajian sekali makan. Isi Piringku adalah pengganti konsep empat sehat lima sempurna yang selama ini dikenal masyarakat. Dan slogan "Isi Piringku" terdapat unsur kesetaraan hak untuk memperoleh makanan yang bergizi lengkap dan seimbang.


Tujuan Isi Piringku tuh apa sih?


Tujuan dari penerapan konsep "Isi Piringku" ini adalah agar makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat bervariasi dan memiliki gizi yang seimbang sehingga mampu menjaga berat badan ideal seseorang.


Apa aja sih yang ada dalam Isi Piringku?


Setengah bagian piring terdiri dari 2/3 makanan pokok dan 1/3 lauk-pauk. Setengah bagian piring terdiri dari 2/3 sayuran dan 1/3 buah-buahan.

a. Makanan Pokok

Makanan pokok adalah pangan yang mengandung karbohidrat yang dikonsumsi atau telah menjadi bagian dari budaya makan berbagai etnik di Indonesia sejak lama. Makanan pokok sangat beragam sesuai dengan keadaan tempat dan budaya serta kearifan lokal, contohnya beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, dan produk olahannya (roti, pasta, mie, dan lain sebagainya). Contoh takaran makanan pokok dalam Isi Piringku sekali makan (berupa nasi dan penukarnya) sebanyak 150 gram nasi (tiga centong nasi) = (tigas buah kentang ukuran sedang (300 gram)=1 1/2 gelas mie kering (75 gram).


b. Lauk-pauk

Lauk pauk terdiri dari pangan sumber protein hewani dan pangan sumber protein nabati. Sumber protein hewani adalah daging (sapi, kambing, dan lain sebagainya), unggas (ayam, bebek, dan lain sebagainya), ikan termasuk hasil laut, telur, susu, dan hasil olahannya. Sedangkan sumber protein nabati dapat berupa tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang, tolo, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dan lain sebagainya). Contoh takaran lauk-pauk dalam Isi Piringku sekali makan untuk lauk hewani sebanyak 75 gram ikan kembung=dua potong ayam tanpa kulit ukuran sedang (80 gram)=satu butir telur ayam ukuran besar (55 gram)=dua potong daging sapi ukuran sedang (70 gram), untuk lauk nabati sebanyak 100 gram tahu=2 potong tempe ukuran sedang (50 gram).


c. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti-oksidan. Contoh takaran buah-buahan dalam Isi Piringku sekali makan 150 gram pepaya=dua buah jeruk ukuran sedang (110 gram)=satu buah pisang ambon ukuran kecil (50 gram).


d. Sayuran

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral terutama karoten, vitamin A, C, zat besi, fosfor. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran berperan sebagai anti-oksidan. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sementara yang lainnya dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus, dan ditumis. Takaran sayuran dalam Isi Piringku sekali makan adalah sebanyak 150 gram atau setara dengan satu mangkok sedang.


Jadi, apa sih pesan pokok dalam Isi Piringku ini?

Terdapat empat pesan pokok yang ada di dalam Isi Piringku, diantaranya yaitu :

  1. Makan makanan bergizi seimbang dan minum minimal 8 gelas per hari

  2. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

  3. Melakukan aktivitas fidik minila 30 menit perhari

  4. Memantau berat badab setiap bulan